√ MIM Sidowayah Gelar Kegiatan Pengembangan Kapasitas Diri Pendidik Madrasah melalui Metode GASING - Muhammadiyah Weru

MIM Sidowayah Gelar Kegiatan Pengembangan Kapasitas Diri Pendidik Madrasah melalui Metode GASING

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kapasitas pendidik, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Sidowayah mengadakan kegiatan Pengembangan Kapasitas Diri Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi melalui Metode GASING.

Acara yang berlangsung di gedung baru MIM Sidowayah ini diikuti oleh pengawas madrasah, kepala madrasah, guru, dan karyawan MIM Sidowayah. Tepatnya pada hari Kamis, 10 Oktober 2024, dimulai dari pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

Kegiatan yang memiliki tujuan untuk mengenalkan dan mengimplementasikan metode GASING (Gampang, Asik, dan Menyenangkan) dalam pembelajaran di kelas ini dimulai dengan pembukaan yang dipimpin oleh Bapak H. Danuri, M.Ag, pengawas madrasah sekaligus Ketua Majelis Dikdasmen PCM Weru.

Pengenalan metode GASING di MIM Sidowayah

Setelah itu, peserta diperkenalkan dengan metode GASING, sebuah pendekatan yang mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran, terutama matematika, dengan cara yang lebih menyenangkan dan efektif.

Metode GASING adalah suatu metode pembelajaran langkah demi langkah yang membuat anak menguasai materi secara gampang, asyik dan menyenangkan. Kunci metode ini adalah proses langkah demi langkah, yang disusun sedemikian rupa sehingga penguasaan materi dibangun dari pemahaman materi sebelumnya.

Dalam sesi pembicara, Ibu Siti Lufiati, S.Pd memaparkan tentang penerapan pembelajaran matematika dengan metode GASING. Beliau menjelaskan bahwa metode ini berbeda dari cara pengajaran matematika konvensional.

Sebagai contoh, jika dulu penjumlahan diajarkan dengan metode biasa, metode GASING menggunakan pendekatan deret untuk menyelesaikan operasi penjumlahan, perkalian, pembagian, maupun pengurangan.

MIM Sidowayah
Guru MIM Sidowayah berfoto bersama pengawas madrasah

Metode ini diharapkan dapat membuat siswa lebih mudah memahami konsep dasar matematika dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Menjadi solusi bagi pendidik dalam menyampaikan materi dengan lebih interaktif dan menarik.

Akhirnya, menjadi harapan bersama agar kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi para guru dalam mengajar, serta menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan efektif bagi para siswa di MIM Sidowayah.

Kontributor: Bapak Erwan Susanto, S.Pd.I

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.