√ Safari Dakwah PWM Solo Raya pada Kajian Ahad Pagi Sangen, Ustaz Miftahurrohman Ajak Berpegang Teguh pada Warisan Rasulullah - Muhammadiyah Weru

Safari Dakwah PWM Solo Raya pada Kajian Ahad Pagi Sangen, Ustaz Miftahurrohman Ajak Berpegang Teguh pada Warisan Rasulullah

Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Solo Raya mengadakan Safari Dakwah di lingkungan PCM Weru, salah satunya adalah pada pelaksanaan pengajian rutin Ahad Pagi di Masjid Al Hidayah Sangen, PRM Krajan.

Dilaksanakan pada hari Ahad, 1 September 2024 selama satu jam dimulai pada pukul 06.00 WIB. Pemateri kajian adalah Ustaz Miftahurrohman, S.HI yang merupakan salah satu dai Safari Dakwah MT PWM Jateng asal Boyolali. Beliau mengingatkan tentang dua warisan Rasulullah.

Dalam sebuah riwayat, dikisahkan bahwa sahabat Abu Hurairah merasa heran melihat banyak orang di salah satu pasar di Madinah, yang begitu sibuk berbisnis. Lalu, kepada mereka Abu Hurairah bertanya, “Kalian di sini, tahukah kalian bahwa warisan Nabi sedang dibagikan di Masjid Nabawi?”

Safari Dakwah PWM
Kajian Ahad Pagi di Masjid Al Hidayah Sangen

Mereka pun bergegas menuju masjid. Merasa tak ada pembagian warisan di sana, mereka dengan rasa kecewa kembali menemui Abu Hurairah. “Tak ada pembagian warisan di masjid,” protes mereka. 

Jawab Abu Hurairah, “Apa kalian tidak melihat di sana ada orang-orang yang sedang salat, membaca Al-Qur’an, dan belajar tentang hukum-hukum Allah? Itulah warisan Nabi.” (HR Thabrani).

Warisan adalah harta peninggalan, pusaka, dan surat wasiat yang diberikan kepada ahli waris setelah seseorang meninggal dunia. Warisan itu menjadi manfaat bagi orang yang ditinggalkan. Rasulullah ﷺ juga meninggalkan warisan untuk umat beliau.

Rasulullah Muhammad ﷺ meninggalkan dua warisan yang harus dipegang teguh umat jika ingin selamat, beruntung serta bahagia dunia dan akhirat. Dua warisan tersebut adalah Al-Qur’an dan Al Hadis.

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

Aku telah tinggalkan kepada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya.” (HR. Malik; Al-Hakim, Al-Baihaqi, Ibnu Nashr, Ibnu Hazm)

Sebagai umat Islam sudah seharusnya kita berpegang teguh pada Al-Qur’an dan sunah Rasulullah. Dengan keimanan yang ada dalam hati kita, maka kelak kita akan diselamatkan dari siksa api neraka.

Ketika seluruh penduduk surga telah masuk semuanya ke dalam surga dan seluruh penduduk neraka pun telah masuk semua ke neraka, Allah memerintahkan malaikat untuk mengeluarkan siapa saja penghuni neraka yang di dalam hatinya terdapat iman meskipun sebesar biji sawi, untuk dimasukkan ke surga.

Semoga dengan kegiatan Safari Dakwah dari Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Solo Raya di lingkungan PCM Weru ini menumbuhkan semangat bagi warga Muhammadiyah Weru untuk selalu berpegang teguh pada Al-Qur’an dan sunah Rasulullah.

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.