√ Kajian di Gedung Dakwah Muhammadiyah Weru bersama Tim Safari Dakwah Majelis Tabligh PWM Solo Raya - Muhammadiyah Weru

Kajian di Gedung Dakwah Muhammadiyah Weru bersama Tim Safari Dakwah Majelis Tabligh PWM Solo Raya

Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (MT PWM) Solo Raya melaksanakan kegiatan turba dengan konsep Safari Dakwah ke Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Weru. Kegiatan perdananya adalah pengajian di Gedung Dakwah Muhammadiyah Weru.

Pengajian Safari Dakwah yang dihadiri para anggota dan simpatisan Muhammadiyah Weru ini digelar pada hari Sabtu, 31 Agustus 2024 pukul 20.00 WIB, dengan pemateri Ustaz H. Thohari, S.Ag, M.Pd. Bertindak sebagai pembawa acara adalah Ustaz Ahmad Sarwiji Majid.

Pada kesempatan sambutan, Ketua Majelis Tabligh PCM Weru Ustaz Wisnu Jadmiko mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan Safari Dakwah Majelis Tabligh PWM Solo Raya putaran kedua di daerah Sukoharjo.

Kajian inti disampaikan Ustaz H. Thohari, S.Ag, M.Pd. Di antara yang beliau sampaikan adalah fenomena umum bahwa orang yang rajin mengaji dan beribadah cenderung hidup pas-pasan jauh dari kekayaan dunia.

Ustaz Thohari
Ustaz Thohari sampaikan kajian

Kemudian Ustaz menyebutkan adanya dua jenis manusia di dunia menurut hadis Ibnu Majah, yakni ahlul afiyah dan ahlul musibah. Ahlul afiyah adalah orang yang banyak mengalami kemudahan dalam hidupnya, sedangkan ahlul musibah adalah orang yang banyak mengalami cobaan dalam hidupnya.

Menurut penjelasan Ustaz Thohari, kelak di akhirat, Allah memerintahkan timbang dulu ahlul musibah. Setelah dilakukan penimbangan ternyata dosa mereka tinggal sedikit karena dikurangi penderitaannya di dunia. Termasuk golongan ini adalah orang yang rajin mengaji dan beribadah yang hidup pas-pasan.

Lantas Allah memerintahkan agar kepada ahlul musibah diberi tiga hal yaitu afiat (kekuatan), khairan (kebaikan), dan manzilah (tingkat tinggi). Tempat yang tinggi di akhirat tentu saja adalah surga.

Safari dakwah
Suasana kajian di GDM Weru

Konsep orang-orang terdahulu bisa menjadi hebat adalah dengan berpegang teguh kepada Al-Qur’an dengan membaca dan mempelajarinya. Sesungguhnya Allah akan mengangkat harkat martabat manusia dengan Al-Qur’an, dan akan menghinakan manusia dengan Al-Qur’an.

Sebagai informasi, Safari Dakwah Majelis Tabligh PWM Solo Raya putaran kedua di PCM Weru akan dilaksanakan esok hari, pada Kajian Ahad Pagi di Gedung Dakwah Muhammadiyah Weru bersama Ustaz Zumar Aminudin, S.Ag, M.Ag. Bersamaan dengan Kajian Ahad Pagi di Masjid Al Hidayah Sangen dengan Ustaz Miftahurrahman, S.HI.

Kontributor: Kusnia Arianto

Get notifications from this blog

1 komentar

  1. Safari Dakwah Majelis Tabligh se Solo Raya putaran ke 2 di Sukoharjo melibatkan 36 ustadz serentak di 12 Kecamatan.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.