√ MPLS SMK Muhammadiyah Watukelir, dari Pembinaan Koramil Weru hingga Pembagian 5 Doorprize Smartphone Android - Muhammadiyah Weru

MPLS SMK Muhammadiyah Watukelir, dari Pembinaan Koramil Weru hingga Pembagian 5 Doorprize Smartphone Android

Tahun ajaran baru sudah dimulai. Hari Senin, 22 Juli 2024 seluruh siswa di SMK Muhammadiyah Watukelir sudah mulai kembali bersekolah setelah libur panjang. Sudah menjadi tradisi atau hal wajib di setiap sekolah Ketika memasuki tahun ajaran baru dilaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru. Hal ini juga berlangsung di SMK Muhammadiyah Watukelir.

Kepala SMK Muh Watukelir
Kepala sekolah membuka MPLS

Selain kegiatan MPLS bagi kelas X, terdapat serangkaian kegiatan lain untuk kelas XI dan XII yaitu penguatan karakter dan darul arqam untuk kelas XI serta pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk kelas XII. Rangkaian kegiatan ditutup dengan jalan sehat, kebersihan kelas, dan pengundian doorprize smartphone Android.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)


MPLS merupakan kegiatan awal bagi siswa baru yang bertujuan untuk mengenalkan siswa pada sekolah dalam segala aspek seperti budaya sekolah, kurikulum, lingkungan kelas, bapak/ibu guru dan hal-hal lain yang berada dalam lingkup sekolah.

MPLS Muhawa
Kegiatan MPLS SMK Muhawa

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh kelas X ini berlangsung selama 2 hari, yaitu hari Senin-Selasa, 22-23 Juli 2024 bertempat di Aula SMK Muhammadiyah Watukelir.

Materi yang diberikan di antaranya gerakan sekolah menyenangkan, pengenalan kurikulum merdeka, sosialisasi anti bullying dan sosialisasi jurusan. Diharapkan dengan adanya kegiatan MPLS, siswa baru dapat mengenali lingkungan sekolah sehingga mampu beradaptasi dengan baik.

Kemah Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)


Kemah LDK masih satu rangkaian dengan kegiatan MPLS. Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, 24-25 Juli 2024 di Lapangan Burikan, Cawas dan diikuti oleh seluruh siswa kelas X. Tujuan dari kegiatan kemah LDK adalah pembentukan karakter, kemandirian, dan keakraban siswa.

Kemah LDK
Kemah LDK di Lapangan Burikan Cawas

Pembinaan
Pembinaan oleh Koramil Weru

Hal ini dapat dilihat dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan diantaranya pelatihan baris berbaris oleh Koramil Weru, Materi Kepanduan Hizbul Wathan oleh GKHW Kwarcab Weru, Keorganisasian oleh IPM SMK Muhawa, Pentas Seni dan Outbond.

Penguatan Karakter


Selain kelas X, terdapat kegiatan yang dilakukan khusus oleh kelas XI yaitu penguatan karakter. Kegiatan berlangsung selama dua hari, yaitu hari Senin-Selasa, 22-23 Juli 2024 dipandu langsung oleh instruktur dari Koramil Weru di Lapangan Desa Jatingarang.

Penguatan karakter
Penguatan karakter oleh Koramil Weru

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai sarana pembentukan dan penguatan karakter siswa sehingga dapat menjadi pribadi yang kuat, tangguh, dan mandiri.

Darul Arqam


Kegiatan penguatan karakter XI dilanjutkan dengan Darul Arqam, yaitu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang ilmu agama. Darul Arqam dilaksanakan hari Rabu-Kamis, 24-25 Juli di Aula SMK.

Darul Arqam
Penyampaian materi Darul Arqam

Perawatan jenazah
Praktik perawatan jenazah

Pelaksanaan Darul Arwam dikomandani oleh Waka ISMUBA, materi yang diberikan dalam kegiatan ini diantaranya praktik taharah, praktik salat dan praktik perawatan jenazah.

Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL)


Kelas XII yang merupakan jenjang akhir di SMK mendapatkan pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada siswa kelas XII yang akan melaksanakan PKL di Dunia Industri/Dunia Kerja (DUDIKA) selama satu semester.

Pembekalan PKL
Pembekalan PKL

Pembekalan berlangsung selama 4 hari mulai Senin sampai Kamis, 22-25 Juli 2024 oleh Kaproli dan guru produktif masing-masing jurusan. Harapannya bisa menyiapkan siswa untuk mengenali dunia kerja.

Jumat Sehat dan Bersih


Seluruh rangkaian kegiatan awal tahun kelas X, XI dan XII diakhiri dengan acara Jumat Sehat dan Bersih. Kegiatan yang dilaksanakan berupa jalan sehat dan kegiatan kebersihan kelas.

Sebelum kegiatan jalan sehat dimulai, dilaksanakan pengundian doorprize smartphone Android untuk siswa kelas X. Pada tahun ini terdapat 5 buah Smartphone Android yang dibagikan kepada 5 siswa yang beruntung.

Doorprize Android
Para siswa yang beruntung undian HP

Kegiatan dilanjutkan dengan jalan sehat dan membersihkan lingkungan kelas masing-masing yang merupakan persiapan untuk menyambut Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada hari Senin.

Alhamdulillah, seluruh rangkaian kegiatan awal tahun ajaran SMK Muhammadiyah Watukelir berjalan dengan baik dan lancar atas rahmat dan pertolongan Allah. Semoga dengan kegiatan-kegiatan tersebut dapat menjadi langkah awal yang baik untuk menghadapi tahun ajaran 2024-2025. Aamiin.

Reporter: Kusnia Arianto

Get notifications from this blog

1 komentar

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.