√ Wisuda Angkatan Pertama dan Pengukuhan Pengabdian Angkatan ke-2 Ponpes Sangen Tahun Ajaran 2023/2024 - Muhammadiyah Weru

Wisuda Angkatan Pertama dan Pengukuhan Pengabdian Angkatan ke-2 Ponpes Sangen Tahun Ajaran 2023/2024

Sabtu, 15 Juni 2024. Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen menggelar acara Wisuda Angkatan Pertama dan Pengukuhan Pengabdian Angkatan ke-2. Bertempat di halaman pondok putri.

Wisuda Pondok Sangen
Wisuda angkatan pertama Ponpes Sangen

Sebelum acara dimulai, hadirin dihibur dengan beberapa penampilan dari santri Pondok Sangen, di antaranya adalah atraksi Tapak Suci dan nasyid yang dilantunkan oleh Sangen Voice.

Atraksi Tapak Suci
Atraksi Tapak Suci

Setelah acara dibuka oleh MC yang bertugas, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh santri kelas 10 atas nama Jihad Imam Fadly yang pernah menjuarai MTQ Tingkat Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2023.

Tilawah Al-Qur'an
Tilawah Al-Qur'an

Kemudian seluruh hadirin diminta berdiri untuk turut bersama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah Sang Surya, dipimpin dirigen oleh Ustazah Suwarningsih.

Sangen Voice
Sangen Voice

Prakata pertama dari ketua panitia Ustaz Nasrulloh yang menyampaikan ucapan selamat datang dan permohonan maaf kekurangan dalam penyambutan. Beberapa informasi disampaikan, salah satunya adalah bahwa pengabdian angkatan 1 jumlah 8 orang, 3 di antaranya diterima kuliah di Al Azhar Mesir.

Selanjutnya, Camat Weru Pandiyanto, ST, MM, dalam sambutan mengapresiasi dan turut bangga dengan adanya acara wisuda sebagai penghargaan bagi santri angkatan pertama yang selesai pengabdian.

Pak Camat mengatakan bahwa hak setiap anak adalah untuk tumbuh dengan pendidikan layak sehingga menjadi generasi berkarakter cerdas, Qur’ani, dan bisa berperan dalam menata negeri ini agar lebih baik lagi.

Sambutan
Sambutan dan prakata

Acara selanjutnya adalah prosesi wisuda secara langsung oleh Mudir Ponpes Sangen. Sejumlah 5 wisudawan dan 3 wali dari wisudawan yang belajar di Mesir mengikuti prosesi di atas panggung, dilanjutkan ikrar wisuda.

Acara berlanjut dengan sungkeman wisudawan pada orang tua masing-masing. Sementara itu, ketiga wisudawan yang tengah studi di Al Azhar mengikuti acara ini dari awal sampai akhir melalui sambungan live internet. 

Selesai prosesi wisuda dan sungkeman, dilanjutkan pembacaan surat keputusan pengabdian santri angkatan ke-2, oleh Ustaz Arif Fahrudin, S.Pd.I, dan penyerahannya secara simbolis.

Pengabdian
Santri calon pengabdian

Mudir PPM Sangen Ustaz H. Muhammad Saifudin, Lc, M.Ag kemudian menyampaikan amanat. Sekilas beliau menyampaikan terkait perkembangan Pondok Sangen dari awal hingga kini.

Mudir menyampaikan pesan kepada wisudawan angkatan pertama dan santri pengabdian agar bisa mewarnai bukan malah terwarnai. Tetap istikamah di jalan yang telah Allah gariskan.

Ketua PCM Weru Bapak H. Sumardi, S.Pd.I menyampaikan amanat untuk para wisudawan dan santri calon pengabdian. Bahwa dalam membaur dengan masyarakat, jangan sampai ikut arus sehingga hanyut. Harus menerapkan ilmu yang didapat selama mondok.

Acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Kepala KUA Kecamatan Weru Bapak H. Muhammad Syafii, M.Ag. Seluruh acara berjalan dengan lancar. Semoga Allah meridai kita semua dan selalu membimbing kita di atas jalan lurus-Nya. Aamiin.

Get notifications from this blog

1 komentar

  1. Alhamdulillaah... barokallaah...
    Semoga PPMM Sangen semakin berkembang dan mencerahkan

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.