√ Pengabdian Masyarakat, Fakultas Farmasi UMS Sosialisasi Pengendalian Hipertensi dan Diabetes Melitus - Muhammadiyah Weru

Pengabdian Masyarakat, Fakultas Farmasi UMS Sosialisasi Pengendalian Hipertensi dan Diabetes Melitus

Kamis, 20 Juni 2024. Fakultas Farmasi UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta) mengadakan program pengabdian masyarakat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Atmo Wahjono Kalisige bekerja sama dengan Majelis Kesehatan PCA Weru.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswi UMS semester 6 dengan dosen pembimbing Bapak apt. Suprapto, S.Si., M.Sc. Tema yang diambil yaitu “Hipertensi dan Diabetes Melitus: Kendalikan Hipertensi dan DM untuk Hidup Sehat Lebih Lama”.

Peserta yang hadir pada kesempatan ini adalah pengurus harian PCA Weru, Badan Pembantu Pimpinan (Ketua Majelis dan Lembaga) PCA Weru, Ketua PRA se-Cabang Weru, Kepala AUM se-Cabang Weru, dan PCNA Weru.

Kegiatan ini diawali dengan pemeriksaan kadar gula darah dan tensi yang dilakukan oleh mahasiswi Fakultas Farmasi dan petugas dari Puskesmas Weru. Dilanjutkan dengan sosialisasi kesehatan.

Dosen UMS
Sambutan dosen pembimbing Bapak apt. Suprapto, S.Si., M.Sc

Dalam sambutannya, Bapak apt. Suprapto, S.Si., M.Sc menyebut bahwa hipertensi dan diabetes melitus (DM) adalah penyakit yang menjadi momok setiap insan. Untuk itu penting kiranya untuk mengenali dan mempelajari bagaimana antisipasinya.

Hipertensi dan DM bukan penyakit bawaan dan keturunan tapi penyakit degeneratif, artinya penyakit bukan menular yang terjadi karena penurunan fungsi organ tertentu. Yang terjadi secara perlahan dengan bertambahnya usia atau penyebab pola makan dan pola hidup.

Namun demikian, jika orang tuanya hipertensi dan DM, ada atau bisa beresiko, anaknya bisa terkena juga, namun hal ini bukan berarti penyakit bawaan atau keturunan. Atau sebaliknya, orang tua yang tidak hipertensi dan DM, bisa saja anaknya terkena penyakit tersebut karena adanya penyebab pola makan dan pola hidupnya.


Fakultas farmasi UMS
Pemaparan materi oleh mahasiswi Fakultas Farmasi UMS

Acara inti pemaparan materi oleh petugas dari mahasiswi UMS. Di sela penyampaian materi diadakan pertanyaan dan pembagian doorprize menarik. Di akhir acara, PCA mendapatkan kenang-kenangan dari Fakultas Farmasi UMS.

Reporter: Ibu Sri Wahyuningsih, S.T.P.

Get notifications from this blog

1 komentar

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.